Seekor bebek punya kemauan yang kuat untuk dapat terbang, karena si bebek merasa punya sayap, maka dia yakin bisa terbang. Setiap hari ia memotivasi diri dengan mengatakan: “saya bisa terbang”. Si bebek terus berlatih berbagai keterampilan untuk terbang, walau sering jatuh dalam usahanya dapat terbang tetapi berkat motivasinya si bebek akhirnya bisa terbang. Betapa senangnya si bebek tersebut karena usahanya berhasil. Dari pengalaman si bebek ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa motivasi dapat membantu keberhasilan.
Begitu juga motivasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun universitas, motivasi belajar sangat penting bagi siswa/mahasiswa. Selama ia dalam pembelajaran selama itu pula ia membutuhkan motivasi belajar guna keberhasilan proses pembelajarannya.
Jadi yang dimaksud dengan motivasi belajar ialah daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar diri sesorang yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan belajar dapat tercapai.
Hal-hal yang dapat mendorong seseorang untuk belajar diantaranya:
- Adanya sifat ingin tahu dan menyelidiki dunia yang lebih luas.
- Adanya sifat kreatif yang ada pada diri seseorang dan keinginan untuk maju.
- Adanya keinginan untuk mendapatkan simpati dari orang tua, guru, dosen, ataupun teman-temannya.
- Adanya keinginan untuk mendapatkan rasa aman bila dapat menguasai pelajaran.
- Adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang telah berlalu dengan usaha baru.
Berbagai usaha yang dapat menimbulkan dan membagkitkan motivasi diantaranya:
- Menciptakan suasana kompetitif baik secara kelompik maupun individu.
- Mendekatkan tujuan.
- Mempunyai tujuan yang jelas dan diakui.
- Merangsang pencapaian tujuan.
- Memberikan pengetahuan mengenai hasil yang dicapai.
- Menimbulkan motif sebanyak mungkin, yaitu dengan menumbuhkan minat.
- Hindari sugesti yang bersifat negatif dan manfaatkan sugesti positif.
Prestasi yang diraih dalam belajar dapat menjadi faktor pendorong yang memperkuat motivasi belajar, misalnya: perolehan ranking kelas dapat menjadi ukuran seberapa besar motivasi belajar sesorang. Sering terjadi seseorang yang kepandaiannya biasa saja ternyata bisa menduduki rangking 5 besar di kelasnya, sedangkan seseorang yang mempunyai IQ tinggi justru mendapatkan ranking di bawahnya. Banyak hal yang bisa menjadi unsur penyebabnya salah satunya yaitu tingkat motivasi.
Ciri-ciri sesorang yang mempunyai motivasi belajar yaitu:
- Senang menjalankan tugas belajar.
- Bersemangat dan bergairah saat menerima pelajaran.
- Tidak malu bertanya apabila belum mengerti/tahu.
- Tidak menunda-nunda dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
- Disiplin dalam memanfaatkan waktu.
- Tekun, ulet, mandiri dan bertanggung jawab.
- Mempunyai minat yang tinggi.
Semoga bermanfaat..
Belajar itu baik mau umur berapapun
ReplyDeleteEmamg belajar perlu dimotivasi agar lebih niat
ReplyDelete